Rabu, 05 Januari 2011

Berbagi GPO


  Setelah menerima sosialisasi GPO pada tanggal 7 Desember 2010 yang lalu di Kantor UPBJJ UT yang terletak di Kampus C, saya sudah memprogramkan berbagi ke teman-teman seprofesi untuk lebih mengenal GPO dan ikut aktif berinteraksi dalam Forum Komunikasi Guru.
            Langkah pertama sebagai percobaan adalah di sekolah saya terlebih dahulu yakni di SD Santo Carolus Surabaya.Berbagi GPO ini kebetulan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 18 Desember 2010.Pelaksanaannya dijadikan satu dengan Rapat Evaluasi Program Kerja untuk bulan Juli – Desember 2010.Waktu yang diperlukan kurang lebih adalah 40 menit.
            Ternyata banyak kendala pada saat bersosialisasi, terutama terkait dengan internet dan sistem yang kadang-kadang tidak saya mengerti.Di sana sini terjadi kesulitan karena karena memang pertama kali saya bersosialisasi.
            Kemudian berikutnya saya lanjut ke UPTD Kecamatan Wonocolo.Awalnya pelaksanaan sosialisasi GPO dilaksanakan satu hari saja yakni pada hari Senin tanggal 27 Desember 2010.Ternyata untuk mengisi liburan semester ini teman-teman guru negeri mereka tidak libur.Kegiatan libur diisi dengan berbagai macam kegiatan, termasuk didalamnya adalah sosialisasi GPO.Dengan demikian sosialisasi tidak cukup dilaksanakan satu hari.Sosialisasi GPO di UPTD Kecamatan Wonocolo dibagi menjadi dua gelombang yakni tanggal 27 Desember 2010 untuk guru-guru SD se Kecamatan Wonocolo, sedangkan untuk tanggal 28 Desember 2010 untuk guru-guru TK.
            Untuk teman-teman guru yang sudah mempunyai email dan sudah akrab dengan internet, sosialisasi GPO ini sangat menyenangkan.Mereka satu persatu mencoba bagaimana mencari GPO, menjadi anggota Forum Komunikasi Guru, menanggapi artikel yang ada serta membuat topik yang baru.Sampai-sampai tidak terasa waktu yang dimanfaatkan tidak hanya 40 menit, tetapi molor menjadi hampir 2 jam.Sebaliknya untuk teman-teman guru yang belum mempunyai email, mereka sudah mulai belajar membuat email dan sosialisasi GPO ini dijadikan sebagai awal mereka kenal internet dan awal mereka menyenangi media teknologi yang sekarang ini lagi digandrungi semua umur.
            Ternyata berbagi pengalaman, pengetahuan, dan ilmu yang kita miliki itu menyenangkan, bahkan sangat menyenangkan.Banyak manfaat yang saya petik dari sosialisasi GPO ini, antara lain:GPO dikenal di kalangan para guru (bukan hanya lingkungan UT saja), membuka wacana baru bagi guru, mengenalkan media internet bagi guru yang belum pernah kenal internet, mempunyai banyak teman, dll.
            Akhirnya, selamat berlatih kembali untuk teman-teman semua.Semoga sosialisasi GPO ini tidak lewat begitu saja, melainkan menjadi sahabat guru dalam mencari informasi yang terkait dengan tugas guru serta berbagi keberhasilan kesulitan dalam berproses bersama siswa.
            Siswa menantikan adanya perubahan dalam pembelajaran.Pembelajaran yang menarik, menyenangkan, inovatif, dan memanfaatkan media ICT.Selamat... Selamat... dan Selamat untuk mencoba dan selamat berubah!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar