Selasa, 16 November 2010

TEORI – TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN





JOHN DEWEY
            “Siswa akan belajar terbaik bila apa yang dipelajari terkait dengan yang telah mereka ketahui dan dengan kegiatan atau peristiwa yang terjadi di sekelilingnya”.

BLOOM
            “Semakin tinggi jenjang pendidikan, semakin tinggi tingkat berpikir yang diperlukan untuk mempelajari bidang studi”.

PIAGET
            “Struktur kognitip seseorang dipengaruhi oleh lingkungan fisik dan selanjutnya struktur kognitip ini yang menentukan persepsi seseorang terhadap apa yang dilihatnya”.

BRUNER
            “Perkembangan kognitip seseorang dipengaruhi factor luar dan factor dalam”.

POPHAM
            “Informasi afektif sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan kognitip”.

JOHNSON
            “Suasana belajar cooperative learning menghasilkan prestasi yang lebih tinggi, hubungan yang lebih positif, dan penyesuaian psikologis yang lebih baik daripada suasana belajar yang penuh dengan persaingan dan memisah-misahkan siswa”.



ANDERSON & ARMBRUSTER
            Penyusunan pengetahuan yang terus menerus menempatkan siswa sebagai peserta yang aktif”.

MASLOW
            “Mengembangkan kompotensi dan potensi siswa berdasarkan asumsi bahwa usaha dan pendidikan bisa meningkatkan kemampuan mereka”.
            “Yang terpenting dalam melihat manusia adalah potensi yang dimilikinya.”
            “Individu berperilaku dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat hirarkis”.
            “Manusia termotivasi untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan hidupnya”.

JOHNSON & SMITH
            “Belajar adalah suatu proses pribadi, tetapi juga proses social yang terjadi ketika masing-masing orang berhubungan dengan yang lain dan membangun pengertian dan pengetahuan bersama”.

WENGER, WIN
            “Guru dan dosen adalah pembelajar yang lebih banyak belajar dari apa yang akan mereka katakana atau lakukan sendiri daripada apa yang dikatakan (orang lain) kepada atau dilakukan (orang lain) atas mereka”.

THORNDIKE
            “Belajar merupakan peristiwa terbentuknya asosiasi-asosiasi antara peristiwa yang disebut stimulus dan respon.”



IVAN PETROVICH PAVLOV
            “Dengan menerapkan strategi ternyata individu dapat dikendalikan melalui cara stimulus alami dengan stimulus yang tepat untuk mendapatkan pengulangan respon yang diinginkan, sementara individu tidak menyadari bahwa ia dikendalikan oleh stimulus yang berasal dari luar dirinya.”

ROGERS
            “Yang terpenting dalam proses pembelajaran adalah pentingnya guru memperhatikan prinsip pendidikan dan pembelajaran”.



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar