Minggu, 05 Desember 2010

Media Pembelajaran


Penggunaan Media Pembelajaran Meningkatkan Ketrampilan Proses dan Karakter Siswa
            Media pembelajaran merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan gairah belajar siswa.Walaupun media pembelajaran bukan satu-satunya faktor penentu untuk meningkatnya belajar siswa, namun sangat berpengaruh untuk dapat menarik siswa dalam belajar.Untuk sekarang ini banyak sekali tawaran media pembelajaran baik itu secara langsung maupun secara tak langsung.Banyak sekali sarana dan prasarana yang bisa dimanfaatkan sebagai media belajar.
            Proses pembelajaran merupakan proses komunikasi multi arah.Di sini jelas bahwa dalam proses pembelajaran seorang guru tidak seharusnya hanya memberi, memberi, dan memberi pengetahuan pada siswa tanpa memperhatikan adanya komunikasi antara pengirim pesan yaitu guru dan penerima pesan yakni murid itu sendiri.Dengan media pembelajaran, siswa diajak ikut berperan aktif dalam proses belajar.Pesan pembelajaran disampaikan lewat media pembelajaran.Media pembelajaran yang dimanfaatkan bisa berupa media audio, bahan cetak, audio cetak, visual proyeksi diam, AV proyeksi diam, visual gerak, AV gerak, objek fisik, dan bisa juga menggunakan komputer (multimedia, e-learning).
            Mungkinkah seorang siswa dapat memperoleh hasil yang baik apabila guru dalam proses pembelajaran tanpa menggunakan media pembelajaran?Tentunya hasil proses belajar akan berbeda antara menggunakan media pembelajaran dan tidak.Khususnya untuk jenjang Sekolah Dasar, seorang guru dituntut dapat menarik perhatian belajar siswa dengan menggunakan media pembelajaran.Hanya dengan media pembelajaranlah siswa akan terfokus dalam belajar, ikut aktif, menemukan sendiri apa yang siswa pelajari saat itu.Tentunya hal ini tidak lepas dari kemampuan guru dalam menggunakan media pembelajaran dan mengarahkan siswa dalam menggunakan media pembelajaran yang ada.Dengan demikian, jelaslah bahwa media pembelajaran bersifat wajib, bahkan media yang digunakan menentukan kualitas hasil belajar siswa itu sendiri.
            Untuk sekolah-sekolah yang sudah memiliki fasilitas internet, media pembelajaran bisa memanfaatkan fasilitas media internet.Juga apabila lingkungan siswa sangat mendukung, lingkungan orang tua siswa mendukung, maka media pembelajaran melalui internet sangatlah bisa dinikmati siswa.Siswa bisa ditarik dan diajak dengan membuka blogger buatan guru.Di mana isi blogger dapat berupa ringkasan materi, tugas, LKS, ataupun bentuk lain yang sifatnya siswa dapat belajar tidak hanya dengan mendengarkan ceramah guru saja, melainkan dapat bertanggung jawab menggunakan IPTEK secara positif.
            Namun, penggunaan media pembelajaran melalui internet, hendaknya diawali dari kemampuan guru dalam berinternet.Siswa akan tertarik sekali dengan media pembelajaran melalui jaringan internet.Guru hendaknya dalam menentukan media pembelajaran, menganalisa lingkungan siswa, sasaran penggunaan media pembelajaran hendaknya tepat guna sesuai dengan lingkungan siswa yang dihadapi.Untuk siswa di kota-kota besar media pembelajaran dengan internet sangatlah menyenangkan.Hanya susahnya, tidak semua guru memahami atau mau menggunakan media pembelajaran internet.Guru yang kurang bisa membaca, memahami, menganalisa kebutuhan siswanya akan berjalan di tempat dan merasa bahwa pengajaran yang diberikan sudahlah sesuai dengan harapan siswa dan orang tua.Sebagai akibatnya adalah hasil belajar menurun, atau walau hasilnya baik, itu hanya sekedar kemampuan kognitif saja yang menonjol, tanpa diiringi kemampuan lainnya.
            Kemampuan siswa akan tampak secara utuh dan hasilnyapun utuh apabila digarap dan diproses secara utuh pula.Di sinilah peran seorang guru sangat menentukan terbentuknya karakter siswa, tidak hanya pada kemampuan intelektual saja tetapi juga memperhatikan kemampuan lainnya.Dengan media pembelajaran yang tepat akan membawa siswa pada hasil yang tepat pula.
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar